Kamis, 31 Januari 2008

Dalil Disyaratkannya AQIQAH

Imam Ibnul Qayyim menyatakan bahwa para ulama bahwa para ulama hadist, ahli fiqh, dan Ahlus Sunnah mengatakan, " Aqiqah adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW. " Mereka berhujjah dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab shahihnya.

Diriwayatkan dari Salman Bin 'Ammar Adh Dhabi, Ia berkata "Rasulullah SAW bersabda 'Anak harus diaqiqah, aqiqahkanlah ia dan cukurlah rambut kepalanya'.

Diriwayatkan dari Samurah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, yaitu dengan mengaqiqahkannya pada hari ketujuh dari kelahirannya, diberi nama dan dicukur rambut kepalanya "

Hadist ini diriwayatkan oleh seluruh Ahlus Sunnah. At Tirmidzi menyatakan bahwa "Ini adalah Hasan Shahih." Dari Aisyah R.A, Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : "Aqiqah bagi anak laki-laki dua ekor kambing dan bagi anak perempuan satu ekor kambing. (HR. Imam Ahmad dan At Tirmidzi, Ia berkata "Hadist Shahih)."

Dari Ibnu 'Abbas R.A bahwa Rasulullah SAW mengaqiqahkan Hasan dan Husain (masing-masing) dengan satu ekor kambing (HR. Abu Dawud dan An Nasa'i dengan lafadz 'Dengan dua ekor kambing".)


# NIKMAT AQIQAH#
Penyedia jasa layanan AQIQAH, QURBAN, TASYAKURAN.
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Hotline : 031.725.11.000; 031.713.24.555; 031.5666.466

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat