Senin, 25 Agustus 2008

Hadiahkan Nama Yang Indah Untuk Buah Hati Kita

Sebagian dari realisasi cinta kita yang tulus kepada anak-anak kita adalah dengan menghadiahkan nama & brand image yang indah dan sekaligus memiliki arti dan pesan ang baik. Yaitu nama yang berenergi, kuat, tangguh dan berjiwa. Nama anak bukanlah hal yang sepele. Ia ibarat sebuah label. Kalau labelnya buruk, sudah bisa dipastikan kalau isinya akan dipersepsikan buruk. Tetapi kalau labelnya baik, walaupun isinya belum tentu baik, sudah pasti akan dipersepsikan baik. Seperti kecap misalnya, kecap yang disebut-sebut sebagai nomor satu, rasanya bisa enak bisa juga tidak, tetapi sekali lagi, akan dipersepsikan berasa enak.

Nama yang baik " menyihir" pemiliknya pada perbuatan baik sesuai dengan makna yang terdapat pada namanya. Hal ini terjadi karena, dia (pemilik nama) merasa malu terhadap nama yang disandangnya bila perbuatannya tidak sesuai dengan makna namanya. Karena itu, hadiahkanlah pada buah hati kita nama - nama yang baik agar anak kita memiliki banyak peluang untuk menjadi baik. Dalam meniti jalan menuju kebaikan, dengan nama yang sudah baik tersebut, diharapkan tidak ada hambatan-hambatan yang berarti. Pengertian hambatan dalam hal ini adalah persepsi buruk orang lain terhadap anak-anak kita akibat namanya tersebut. Dengan demikian, anak yang memiliki nama yang baik memperoleh jalan yang lapang dan peluang untuk menjadi pribadi yang baik. Termasuk didalamnya peluang untuk kreatif, peluang untuk semangat, peluang untuk bekerja keras dan lain-lain yang semuanya mengarah kepada kebaikan-kebaikan.

Terkait dengan nama ini, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: "Ya Rasulullah. Apakah hak anakku ini atasku ?" Rasulullah menjawab, "membaguskan namanya, memperbaiki adabnya & menempatkan pada posisi yang baik. "(HR At Tabrani.) . Itulah nama. Dari tiga hak yang dimiliki anak atas orang tuanya, nama menempati urutan pertama. Ini menunjukkan bahwa nama merupakan hal yang sangat penting bagi manusia pada umunmya dan bagi anak-anak pada khususnya.

Alangkah bahagianya kalau anak-anak sudah memiliki nama. Ia dengan kuasa dan seizin Allah akan menjadi seperti yang ada dalam namanya. Ia dengan bimbingan orang tuanya yang diliputi oleh rahmat Allah akan seperti harapan orang tuanya. Seperti harapan atau doa yang ditorehkan dalam namanya. Dalam nama-nama yang baik tentunya, bukan nama-nama yang buruk. Nah bagaimana dengan nama anak- anak kita ?


# NIKMAT AQIQAH #
Profesional Sesuai Syari'ah
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Hotline : 031.725.11.000;031.5666.466

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat