Minggu, 07 September 2008

Bekali Anak Hadapi Pergaulan

Orang tua tak mungkin melindungi terus anak dari bahaya lingkungan. Pada saatnya ia harus menghadapi bahaya itu sendirian. Agar anak tidak takut pada bahaya pergaulan atau justru terperangkap didalamnya, sudah sepatutnya orang tua membekali mereka dengan bekalan yang cukup untuk menjalani pergaulan agar mereka selamat. Apa saja ?
  • Hubungan Yang Hangat
Orang tua seharusnya selalu berusaha memenuhi kebutuhan anak akan cinta dan kasih sayang sejak pertama ia dilahirkan. Kehangatan dan kenyamanan yang diperolehnya dari orang tua ini akan membuat anak merasa berharga yang kemudian akan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Dengan bekal ini anak akan melihat dunia dengan pandangan positif dan mudah belajar mencintai.

Hubungan yang hangat antara orang tua juga menggambarkan lancarnya komunikasi antara orang tua dan anak. Sehingga tanpa diminta pun anak akan mengungkapkan isi hati, aneka masalah kepada orang tuanya. Dengan hubungan semacam ini, fungsi kontrol orang tua bisa berjalan dengan peran aktif si anak sendiri.
  • Pengenalan Resolusi Konflik
Resolusi konflik adalah upaya memecahkan konflik. Tak jarang anak-anak menyelesaikan konflik antara mereka dengan cara kekerasan. Resolusi konflik yang paling baik dilakukan anak-anak adalah pemecahan masalah dengan "cinta". Resolusi semacam ini melahirkan sifat empati pada anak. Misalnya, ketika anak-anak berebut mainan, ajaklah mereka menempatkan diri pada posisi temannya. "Coba deh bayangin, kalau kamu main mobil-mobilan tapi temanmu tidak mau berbagi mainan denganmu, bagaimana perasaanmu ?"

Memang tidak semua anak bisa langsung mengerti dan bersedia mengikuti pemecahan masalah macam ini. Namun kalau tidak dilatih, anak-anak tidak akan tahu dan mempergunakan resolusi konflik semacam ini dalam lingkungan pergaulannya.
  • Informasi Yang Benar
Orang tua sangat perlu membekali anak - anak dengan berbagai informasi yang benar tentang dunia mereka. Jangan cuma membeberkan hal-hal yang baik saja, segala hal yang buruk pun perlu diinformasikan pada mereka. Khawatirnya, ketika sesuatu yang buruk terjadi pada mereka, karena tidak punya pengetahuan tentang itu, mereka jadi tak siap menghadapinya.

Berikan penjelasan bahwa segala hal yang buruk bisa terjadi pada pergaulan. Namun tidak sekedar memberi informasi, ajari juga mereka bagaimana menghadapi hal- hal yang buruk yang mungkin terjadi pada mereka. Misalnya mengajari mereka cara menolak bila ada temannya yang menawari narkoba.
  • Etika Pergaulan : Empati
Kenalkan anak pada berbagai contoh masyarakat yang mungkin mereka temui dalam pergaulan mereka. Jangan hanya mengajak anak - anak ke mal dan sarana rekreasi, namun ajaklah juga mereka ke tempat -tempat orang tak punya, ke pemukiman kumuh dsb. Biarkan mereka melihat bagaimana orang -orang ini melakukan aktivitas keseharian.

Dari kegiatan semacam ini akan timbul rasa empati. Sebenarnya sukses atau tidaknya pergaulan tergantung pada kemampuan seseorang untuk berempati. Semakin terasah rasa empatinya, semakin mudah ia bergaul.
  • Ajaran Islam Yang Aplikatif
Lingkungan terdekat anak -anak, seperti orang tua dan sekolah sudah semestinya mencontohkan aplikasi nilai islam dalam kehidupan sehari-hari, dari cara bangun tidur, makan, belajar, bertingkah laku sampai tidur lagi. Dengan cara itu, ajaran islam akan lebih tertanam dijiwanya sehingga otomatis menjadi filter bagi dirinya sendiri. Berdasar nilai islam ia telah membuat stnadart moral. Ia bisa memutuskan sendiri apakah sesuatu itu benar atau tidak. Syar'i atau tidak. Dengan demikian, kemanapun ia melangkah untuk bergaul, islam menjadi filter terbaik baginya.
  • Kepercayaan
Penting bagi anak -anak untuk merasa dirinya dipercaya menjalani kehidupannya sendiri. Kepercayaan membuat anak merasa dihargai. Kesadarannya pun akan muncul terhadap kepercayan yang merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkannya pada orang tua.
  • Doa
Ketulusan doa orang tua untuk keselamatan anaknya, Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah. Jadi, selama kita telah berupaya optimal menyiapkan anak - anak menuju pergaulannya, sekarang tinggal yakinkan diri bahwa Allah juga menjaga mereka. Hingga kita tidak cemas berlebihan.


* Disarikan dari Majalah Ummi


# NIKMAT AQIQAH #
Profesional Sesuai Syari'ah
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Hotline : 031.725.11.000;031.5666.466

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat