Selasa, 28 Oktober 2008

Multiple Intelegensia, Mengamati Perilaku & Kecerdasan Buah Hati


Sebagai orang tua, sudahkah Anda memahami kecerdasan anak-anak ? Benarkah nilai - nilai di sekolah bisa menjadi indkikator "primanya" intelegensi si buah hati ? Bila ingin mengenali seberapa bagus kualitas anak, kini di arena pendidikan anak ada istilah kecerdasan multiple (multiple intelegensia). Nah, apa dan bagaimana kecerdasan multiple itu ?

Untuk mengetahui apa itu kecerdasan multiple, marilah kita merunut beragam indikator yang menjadi petunjuk. Diantaranya : perkembangan postur dan kemampuan menggunakan otot - otot kasar contohnya telentang, tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, berlari, dan memanjat.

Begitu pula kemampuan menggunakan jari, koordinasi mata, otak dan tangan. Contoh memegang dengan seluruh telapak tangan, menjimpit, membuka kancing dan menulis. Ditambah lagi perkembangan bahasa dimulai dengan ketertarikan pada suara, meniru, mengucapkan kata berarti, membuat kalimat dengan 2 - 3 kata dan selanjutnya dapat bercerita.

Begitu juga perkembangan sosial, "toilet training", menolong diri sendiri, bermain dengan teman sebaya secara bergiliran. Segala aspek perkembangan itulah yang tercakup dalam kecerdasan multiple.

Dengan pengenalan indikator ini, orang tua diharapkan bisa lebih mengenali apa yang sedang dialami sang buah hati dan mengamati perkembangannya dari hari kehari.

(Disarikan dari Majalah BMH)


# NIKMAT AQIQAH #
Profesional Sesuai Syari'ah
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Hotline : 031.725.11.000;031.5666.466

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat