Kamis, 14 Juli 2011

Ritual Khusus Aqiqah (Bag. 2)

Pelaksanaan aqiqah sebaiknya dilakukan sendiri oleh orang tua bayi. Kalau toh ingin menitipkannya kepada orang lain, kita harus yakin bahwa hal tersebut dilakukan sesuai dengan tuntutan syari’ah. Jangan sampai kita menitipkan sejumlah uang kepada suatu lembaga atau perorangan, kemudian uang tersebut dibagikan langsung sebagai pengganti daging. Praktek yang demikian tentunya tidak sesuai dengan tuntunan sunnah yang mensyaratkan adanya penyembelihan hewan dalam pelaksanaan aqiqah.

Lalu terkait dengan keberadaan acara khusus aqiqah memang tidak ada. Apakah berbentuk ceramah, pengajian, atau seremoni lainnya. Sebab aqiqah itu hanyalah menyembelih hewan dan membagikan sebagiannya kepada orang-orang dalam bentuk sudah matang. Selebihnya yang terkait dengan beragam bentuk kegiatan seremoni perakikahan, pada dasarnya bukan merupakan hal yang diharuskan. Inti acara aqiqah memang hanya menyembelih hewan dan memakan saja. Anda tidak harus membuat sebuah seremoni dengan beragama mata acara untuk sebuah aqiqah. Syariat Islam sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Maka jangan dibuat susah.

Berkaitan dengan perayaan 40 hari setelah kelahiran jabang bayi, kami berpendapat bahwa hal tersebut bertentangan dengan sunnah Rasululloh SAW sebagaimana diatas. Kalau memang ingin memperkenalkan bayi kepada para tetangga, kenapa hal tersebut tidak dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan aqiqah? Kami kira, adat atau kebiasaan perayaan tersebut merupakan warisan masa lalu yang masih banyak dipercayai dan dilaksanakan oleh masyarakat kita. Tentunya ini adalah tugas kita untuk menyampaikan yang sebenarnya kepada mereka berkaitan dengan tuntunan Rasululloh SAW dalam pelaksanaan aqiqah.

Anda dapat menyampaikan kepada orang tua anda bahwa pelaksanaan aqiqah merupakan ungkapan syukur kita kepada Alloh atas kelahiran bayi. Disamping itu, dalam pelaksanaannya kita juga bisa mengundang para tetangga dalam syukuran aqiqahan ini atau membagi-bagikan daging aqiqah kepada mereka. Dengan sendirinya ini juga merupakan proses memperkenalkan jabang bayi yang baru lahir kepada tetangga.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

www.syariahonline.com


# NIKMAT AQIQAH #Profesional Sesuai Syari'ahJl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.Kantor : 031.5666.466;Hotline : 031.725.11.000;SMS : 081.330.526.902

1 komentar:

  1. www.aqiqah-ummulquro.com - Terdepan Dalam Pelayanan Domba Aqiqah dan Terbesar di Kota Bandung

    BalasHapus

Jadwal Shalat