Rabu, 21 November 2012

2 Faktor Utama Stroke pada Anak


"Jangan salah, stroke juga bisa menimpa anak-anak..."


Pakar penyakit saraf Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang dokter Dodik Tugasworo mengatakan, penyakit stroke bukan hanya bisa menimpa kalangan lanjut usia (lansia).

"Jangan salah, stroke juga bisa menimpa anak-anak. Kami pernah menerima pasien stroke yang berusia enam dan 11 tahun. Bukan hanya kalangan lansia saja yang berpotensi terkena stroke," katanya di Semarang, Selasa (18/11).

Menurut Kepala Staf Medis Fungsional (SMF) Neurologi RSUP dr Kariadi itu, stroke yang menimpa kalangan anak-anak kemungkinan lebih disebabkan dua hal yaitu :
1. faktor genetik
2. kelainan pembuluh darah

Ia mengatakan, sebenarnya ada banyak faktor risiko stroke, antara lain hipertensi, penyakit gula, kencing manis, kolesterol, kemudian dari kebiasaan, seperti merokok, atau bisa juga karena faktor genetik.

Faktor risiko stroke itu, kata dia, dibedakan antara yang bisa dimodifikasi, seperti kebiasaan yang tidak sehat, serta faktor yang tidak dimodifikasi, misalnya usia, keturunan (genetik), atau menderita penyakit.

"Kaum laki-laki lebih berpotensi terkena stroke dibanding perempuan, orang berkulit hitam lebih berpotensi dibanding kulit putih, dan orang yang lanjut usia juga lebih berpotensi terserang penyakit stroke," katanya.

Dodik yang juga Ketua II Perhimpunan Dokter Spesialis Syaraf Indonesia (Perdossi) itu mengakui, kalangan lansia memang memiliki persentase terkena stroke lebih besar, yakni 70 persen, sedangkan sisanya kalangan muda.

Namun, kata dia, bukan berarti stroke hanya menyerang kalangan lansia sehingga masyarakat harus mewaspadai dengan mengenali gejala serangannya agar pasien mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan efektif.

"Stroke sendiri artinya pukulan. Serangannya memang tiba-tiba dan sulit dideteksi. Serangan stroke bukan hanya lumpuh, orang yang sering kesemutan, terutama di wajah, tiba-tiba 'blank' bisa saja stroke," katanya.

sumber : antara

NIKMAT AQIQAH - Profesional Sesuai Syariah
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000
Mobile : 0813.3052.6902
BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat