Kamis, 15 November 2012

Harga Kambing Aqiqah pasca Qurban masih tinggi


Harga Kambing Aqiqah pasca idul qurban atau bulan haji masih tinggi, apalagi permintaan daging kambing masih terus mengalir. Mulai dari industri jasa kuliner hingga acara sosial seperti perkawinan kerap menghidangkan menu daging kambing. Tak heran banyak orang mulai melirik bisnis ternak kambing.


Saat ini harga ternak dan daging kambing di pasaran masih tinggi. Di Pasar menganti gresik pekan lalu, harga daging kambing di tingkat pedagang mencapai Rp70.000 per kg, mendekati harga daging sapi.

Sedangkan di jawa tengah sebagaimana dimuat harianjogja.com, salah satu peternak kambing di Dusun Bolon, Palbapang, Bantul mengakui saat ini harga ternak kambing tengah naik, setelah tahun lalu terpuruk karena mahalnya harga pakan ternak.

Menurut dia, untuk memulai bisnis ini, peternak bisa membeli satu ekor kambing betina berumur sekitar empat bulan. Harga satu ekornya sekitar Rp1,2 juta. Pada umur sekitar sembilan bulan kambing ini sudah dapat kawin dengan kambing pejantan (baik kambing jantan milik kelompok peternak atau milik peternak lain). Bila sudah bunting dan melahirkan anak, air susunya dapat dijual.
“Memang untuk prioritas air susu untuk anaknya dulu skeitar 3,5 bulan menyusui, setelah itu dapat diperah. Lama air susu itu sekitar enam bulan. Jadi tiga bulan bisa untuk memerah,” katanya.
Sehari memerah biasanya diperoleh sekitar setengah liter air susu. Sementara satu liter air susu dijual seharga Rp20.000.

Namun bila hendak dijual, saat ini kambing dewasa dibanderol Rp3 juta hingga Rp4 juta per ekor.
“Terserah mau dijual kambing dewasa, atau untuk pembibitan. Kalau anak kambing Rp1 juta lebih,” tuturnya.


NIKMAT AQIQAH - Profesional Sesuai Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000;
Mobile : 0813.3052.6902
PIN BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat