Kamis, 29 November 2012

Tetangga yang baik dapat Warisan Rp 125 Miliar

Tetangga yang baik dapat Warisan Rp 125 Miliar

ilutrasi : stockphoto


Tetangga yang baik lebih berharga dari sanak keluarga yang jauh. Dari Nafi’ ibnu ’Abdil Harits berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مِنْ سعَاَدَةِ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ: الْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيْءُ

“Di antara kesenangan bagi seorang muslim adalah tempat tinggal yang luas, tetangga yang shalih dan kendaraan yang tenang.” (Shahih Lighairihi, yakni shahih dilihat dari jalur lainnya) Lihat Ash Shahihah (282)

Seorang wanita kaya Australia telah memberikan seluruh harta warisannya berjumlah 12,5 juta dollar (lebih dari Rp 125 miliar) kepada tetangga yang membantunya membelikan susu dan roti.

Betty Harris yang meninggal tahun 2009 di usia 95 tahun memberikan warisan kepada tetangganya, Beatrice Gray, di permukiman mahal di Point Piper, Sydney, setelah dia merasa keponakan perempuannya mencoba memasukkan dia ke rumah jompo.

Ketika diketahui Harris memberikan warisan kepada tetangganya, Beatrice Gray, keponakannya mengajukan masalah ini ke Mahkamah Agung di Negara Bagian New South Wales. Menurut laporan situs news.com.au, Ny Harris tinggal sendirian dan tidak memiliki teman dekat setelah suaminya, Keith, meninggal tahun 1991. Dia tidak dekat dengan sanak keluarganya. Hobinya hanyalah mengurusi kuda.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, dalam keputusannya hari Rabu (28/11/2012) hakim Richard White mengatakan, Ny Gray—seorang pengacara dan juga akademisi Universitas Sydney yang juga kaya—berhak mendapatkan warisan karena surat warisan yang dibuat Harris pada April 2005 adalah sah.


Tetangga Ny Harris, Beatrice Gray, tinggal bersebelahan selama 33 tahun sampai Ny Harris meninggal pada 1995. Beatrice membantu membayarkan seluruh tagihan telepon, listrik, gas, serta mengurus surat kendaraan dan kebutuhan lain.

Keluarga Gray juga secara teratur mengecek keamanan rumah Betty serta mengganti lampu yang rusak dan membawa bak sampah ke luar setiap minggu.

Kebaikan yang mereka lakukan patut kita jadikan hikmah sebagaimana riwayat dari Abdullah ibnul Mishwar, ia berkata, “Saya pernah mendengar lbnu Abbas meriwayatkan dari lbnu Zubair di mana dia berkata, “Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الْمُؤْمِنُ الَّذِيْ يَشْبَعُ، وَجَارُهُ جَائِعٌ
Seorang yang beriman tidak akan kekenyangan sedangkan tetangganya dalam keadaan lapar.” (Shahih) Lihat Ash Shahihah (149)

Mari menjadi tetangga yang beriman sebagaimana Rasul teladan-kan kepada kita.


NIKMAT AQIQAH - Profesional Sesuai Syariah
Jl Harvard No 8 Simogunung Surabaya 60255.
Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000
Mobile : 0813.3052.6902
BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat