Minggu, 24 November 2013

4 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Iman Anak

Orang Tua Perlu Tahu : Pentingnya Pendidikan Iman Pada Anak


Berikut 4 Langkah dalam memenuhi Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Pendidikan Iman Anak sesuai  petunjuk yang diberikan Rasulullah saw:

1. Membuka Kehidupan Anak Dengan Kalimat Laa Ilaaha Illallaah.
    Al- Hakim meriwayatkan Dari Ibnu Abbas r.a dari Nabi saw, Bahwa beliau bersabda:

إ فتحوا  عل صبيا  نكلم أول كلمة بلا إله إلا الله      

" Bacakanlah kepada anak-anak kamu kalimat pertama dengan Laa Illaaha Illallaah (Tiada Tuhan selain Allah)"

Tentang anjuran mengumandangkan Adzan di telinga kanan dan Iqamat di telinga kirinya mempunyai pengaruh khusus dalam penanaman dasar-dasar Akidah, Tauhid, dan Iman bagi anak.


2. Mengenalkan Hukum-Hukum Halal dan Haram Kepada Anak Sejak Dini.
    
Ibnu Jarir dan Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Abbas R.A banwa ia berkata : 

" Ajarkanlah mereka untuk taat kepada Allah dan takut berbuat maksiat kepada allah dan suruh anak-anak kamu untuk menaati perintah-paerintah dan menjauhi larangan-larangan. Karena hal itu akan memelihara mereka dan kamu dari api neraka."
    
Rahasianya adalah, agar ketika akan membukakan matanya dan tumbuh besar, ia telah mengenal perintah-perintah Allah, sehingga ia akan bersegera mungkin melaksanakannya dan mengerti larangan Nya, sehingga menjauhinya. maka, hal itu akan membuat anak dalam bimbingan Islam tumbuh dengan syariat-syariat Islam.


3. Menyuruh Anak Untuk Beribadah Ketika Telah Memasuki Usia Tujuh Tahun. 

Al-Hakim dan Abu Daud meriwayatkan dari Ibnu Amr Bin Al-Ash r.a dari Rasulullah Saw, bahwa beliau bersabda: 

" Perintahkan anak-anakmu menjalankan ibadah shalat jika mereka sudah berusia tujuh tahun. Dan jika mereka sudah berusia sepuluh tahun, maka pukullah mereka jika tidak mau melaksanakannya dan pisahkanlah tempat tidur mereka." 

Rahasianya adalah, agar anak dapat mempelajari hukum-hukum ibadah ini sejak masa pertumbuhannya. sehingga ketika anak tumbuh besar, ia sudah terbiasa untuk melakukan perintah-perintah Allah.


4. Mendidik Anak Untuk Mencintai Rasul, Keluarganya, dan Membaca Al Quran.

Ath-Thabrani meriwayatkan dari Ali r.a bahwa Nabi saw, bersabda : 

" Didiklah anak-anak kamu pada tiga hal: mencintai Nabi kamu, mencintai keluarganya dan membaca Al-Quran. sebab orang-orang yang ahli Al-quran itu berada dalam lindungan singgasana Allah pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan Nya beserta Nabi Nya dan orang-orang yang suci." 

Tujuannya adalah agar anak-anak mampu meneladani perjalanan orang-orang terdahulu, baik mengenai gerakan, kepahlawanan, maupun jihad mereka; agar mereka memiliki keterikatan sejarah."
  
Demikianlah beberapa tuntunan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mendidik anak. Hendaknya para orang tua dan pendidik bisa merealisasikannya dalam pendidikan mereka terhadap anak-anak. Dan hendaknya pula mereka ingat, untuk selalu bersabar, menasehati putra-putri Islam dengan lembut dan penuh kasih sayang. Jangan membentak atau mencela mereka, apalagi sampai mengumbar-umbar kesalahan mereka.

Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi orangtua dan para pendidik. 
Wallahu a’lam bishsawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat