Kamis, 14 November 2013

Kunci Pola Asuh Anak Yang Tepat Menurut Islam

      Pola asuh anak menurut Islam, adalah pola asuh yang islami sesuai Al Quran, seperti pola asuh Luqman kepada anaknya,yang utama dan pertama adalah tauhid nya. Seperti halnya Merawat, mendidik,mengasuh anak seperti merawat tanaman. jika pupuknya baik..maka akan baik tumbuhnya.. jika anak dipupuk dengan kalimat kalimat thayyibah,kasih sayang,dan akhlak yang baik,maka anak tumbuh dengan baik.
       
      Menjadikan anak-anak menjadi sehat dikala dewasa, sehat secara fisik danj metal, agar bisa menghadapi kehidupan dan problemnya, adalah cita-cita setiap keluarga. namun, saat ini banyak yang tidak memahami bagaimana proses dalam mendidik dan mengasuh anak.mungkin lingkungan seperti ini sama halnya pada zaman nabi Luth A.S dan nabi Nuh A.S, sehingga untuk menjadikan istri dan anak untuk bertakwapun, tidak berhasil. oleh karena itu, kepekaan orangtua  untuk berkesinambungan dan mensupervisi anak-anak dalam perkembangannya sangat penting.

       Mendidik anak-anak menjadi manusia yang taat beragama Islam ini, pada hakekatnya adalah untuk melestarikan fitrah yang ada dalam setiap diri pribadi manusia, yaitu beragama tauhid, agama Islam. Seorang anak itu mempunyai “dwi potensi” yaitu bisa menjadi baik dan buruk. Oleh karena itu orang tua wajib membimbing, membina dan mendidik anaknya berdasarkan petunjuk-petunjuk dari Allah dalam agama-Nya, agama Islam agar anak-anaknya dapat berhubungan dan beribadah kepada Allah dengan baik dan benar. Oleh karena itu anak harus mendapat asuhan, bimbingan dan pendidikan yang baik, dan benar agar dapat menjadi remaja, manusia dewasa dan orang tua yang beragama dan selalu hidup agamis. Sehingga dengan demikian, anak sebagai penerus generasi dan cita-cita orang tuanya, dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat memenuhi harapan orang tuanya dan sesuai dengan kehendak Allah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat