Selasa, 17 Desember 2013

Asyiknya Memasak Bersama Si Kecil


 Asyiknya Memasak Bersama Si Kecil

 Kegiatan liburan bersama si kecil tidak harus dihabiskan di luar rumah. Anda dan si kecil bisa juga menikmati liburan di rumah, salah satunya yaitu dengan memasak bersama.
Mungkin Anda berpikir, buat apa? Cuma bikin dapur kotor dan berantakan saja. Jangan lupa, memasak bersama anak bukan hanya menambah pengetahuan si kecil, tapi juga bisa mempererat ikatan Anda dan anak.
Anda mempunyai kesempatan untuk mengajarkan si kecil hal-hal baru seperti bumbu-bumbu masak, teknik dasar memasak yang sederhana, peralatan memasak dan lain sebagainya. Selain itu, memasak bersama juga dapat melatih si kecil untuk mengikuti pengarahan, dapat melatih kemampuan berhitungnya, belajar membersihkan, dan yang paling penting bisa membawa fun tersendiri bagi si kecil. Jangan takut dengan semua kerepotan yang akan terjadi. karena Anda bisa mengatasinya dengan tips berikut !
  • Mintalah si kecil menentukan, apa masakan yang akan Anda olah bersama. Ajak mereka belanja, memilih bahan, menyiapkan bumbu, dan memasak. Jadikan kegiatan ini sebagai sebuah rutinitas. Nikmat lho, masak bersama anak-anak. Bisa tertawa bersama, bertukar cerita, dan akhirnya menyantap hidangan bersama pula.
  • Tentukan anggaran belanja dan buatlah anak-anak mematuhi anggaran belanja yang telah ditentukan. Dengan demikian, Anda telah mengajarkan mereka perilaku tidak konsumtif. Ajak anak-anak membandingkan harga dari bahan mentah dan harga makanan siap saji atau matang.
  • Matikan pesawat televisi pada saat memasak dan waktu makan. Acara TV adalah gangguan terbesar saat Anda menginginkan adanya interaksi di antara anggota keluarga. Dan ingatkan kepada mereka untuk tidak bermain dengan pisau dan berdiri dekat kompor atau oven.
  • Mulailah petualangan si kecil dalam memasak dengan menggunakan peralatan yang aman dan mudah untuk di gunakan seperti : sendok kayu, panci plastik, buku memasak untuk Anak-anak, alat untuk berpijak untuk si kecil, sarung tangan untuk menahan panas, gelas pengukur plastik, dan alat-alat memasak lainnya yang cukup aman dan mudah digunakan.
  • Pakaikan juga celemek untuk buah hati tercinta. Hal tersebut selain akan membuat bajunya tetap bersih tetapi juga membuat mereka merasa seperti seorang koki sungguhan dan menambah semangatnya dalam memasak.
  • Pilihlah resep makanan yang mudah dan menarik perhatiannya. Misalnya saus coklat, biskuit, sosis atau meses agar mereka semakin semangat mengerjakannya. Jangan biarkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan sudah siap diatas meja. Mintalah buah hati Anda untuk mencarinya di dalam lemari es, membantu mengambil sendok dan mangkuk yang kita butuhkan ataupun membantu membacakan resep. Hal tersebut akan membuat mereka merasa dibutuhkan.
  • Mintalah mereka untuk ikut mengukur, menuang, mencampur dan mengaduk bahan makanan yang satu dengan yang lain.
  • Barang-barang berantakan atau bahan makanan berjatuhan di meja dan lantai pasti akan terjadi dalam petualangan memasak si kecil, jangan khawatir, gunakanlah kesempatan ini untuk mengajarkan si kecil untuk belajar membersihkan. Hal ini dapat melatih tanggung jawab si kecil sejak dini.
  • Selanjutnya, ajaklah si kecil untuk ikut merapikan meja makan dan menghiasnya dengan taplak, serbet hingga lilin agar suasana makan bersama menjadi lebih istimewa.
  • Buatlah waktu makan menjadi acara bincang-bincang yang menarik, -tentunya dapat juga dilakukan pada saat masak dan menyantap hidangan- dengan pokok pembicaraan yang menarik bagi anak.
  • Setelah acara makan dan bercanda bersama usai, ajarkan ia untuk mengangkat piring sisa makanan kedapur. Apabila buah hati sudah agak besar ajarkan juga ia mencuci piring.

Nah … Selamat Mencoba! 

NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat