Sabtu, 14 Desember 2013

BILA ANAK TAKUT UNTUK DIKHITAN

BILA ANAK TAKUT UNTUK DIKHITAN


Tak ada batasan untuk usia anak dikhitan tapi, sebagian orang tua banyak mengkhitankan anak sejak bayi tapi, kebiasaan dalam masyarakat kita, anak laki-laki baru dikhitan pada usia sekolah dasar, padahal, di usia inilah anak-anak bisa berfikir tentang proses sunat hingga akhirnya ia bisa merasa takut.


SALAH PERSEPSI
Tanpa sadar orangtua / anggota keluarga yang lain sering menggunakan kata "sunat" sebagai hukuman.
perkataan sejenis lainnya yang mengasosiasikan kata "sunat sebagai sebuah hukuman yang menyeramkan.
akibatnya, anak memilki persepsi yang menakutkan untuk kata sunat/ khitan.

Ketakutan anak bisa semakin menjadi ketika sebagian teman / saudaranya juga ikut menakut-nakuti lantaran iseng /usil. lagi-lagi, anak mendengarkan informasi yang salah soal khitan.
Rasa takut itu berasal dari pikiran. apa yang salah bisa dianggap benar oleh anak. karena anak mempunyai persepsi yang menakutkan, maka muncullah rasa takut / gelisah dari sang anak, disinlah orangtua harus memperbaiki informasi tentang khitan pada anak.

Hal pertama yang harus dijelaskan kepada anak adalah, tentang kewajiban khitan bagi seorang laki-laki muslim. cepat / lambat mereka akan mengalami proses khitan juga, dalam bahasa yang bisa dipahami anak, bisa diterangkan  dengan hadist dari rasulullah swa, lalu terangkan khitan juga berkaitan pula dengan syarat bersuci(thaharah). melakukan khitan juga melakukan ibadah.

Lalu, berilah pemahaman bahwa khitan juga berkaitan dengan kesehatan. dengan berkhitan mereka akan jadi lebih bersih & sehat.juga akan terhindardari berbagai macam penyakit yang mungkin terjadi pada alat kelamin mereka. dengan penjelasan & informasi yang tepat mereka akan keutamaan khitan bagi diri mereka sendiri. apalagi, ketika mereka tahu bahwa teman-temannya suadah banyak yang khitan. ini juga bisa mendorong mereka untuk segera menjalakan perintah agama itu.


BERI IMBALAN
Tak bisa dipungkiri dengan cara apapun proses khitan tetap menibulkan rasa sakit, baik pada saat tindakan
maupun pada saat penyembuhan luka. banyak orangtua mencari cara gampang agar anak mau dikhitan dengan mengatakan khitan itu tidak sakit.tentu saja ini tak benar. anak pun akan merasa di bohongi setelah merasakan sendiri dikhitan. Nah, untuk memotivasi anak agar lebih berani, tak ada salhnya orangtua Reward atau Imbalan pada anak. dalam masyarakat kita biasanya mengadakan perayaan saat anak dikhitan. bahkan ada yang sampai besar-besaran, dll. ini adalah semacam Reward untuk menghibur anak yang baru dikhitan tadi.

Sebenarnya tak perlu juga sampai begitu, apalagi kondisi keluarga tidak memungkinkan.cukup orangtua memberikan sesuatu yang di sukai oleh anak & bermanfaat baginya.

Ada beberapa tips untuk Hilangkan cemas si kecil, orangtua bisa melakukan hal-hal berikut  :

* Redakan kecemasan anak dengan kembali memberi pemahaman tentang proses khitan yang tak seburuk persepsi anak.
* Alihkan perhatiannya dengan mengajaknya mengobrol topik lain, hingga keteggannya berkurang / hilang.
* Ajak anak berdzikir untuk meneangkan sekaligus memberinya keberanian
* Bekerja sama pada dokter yang akan melakukan khitan untuk menyemangati anak.

Jangan lupa untuk selalu menemani anak di kala khitan berlangsung agar si anak tidak merasa tegang dan takut pada saat khitan berlansung.
Demikian tips-tips yang dapat Nikmat Aqiqah sampaikan, semoga dapat bermanfaat & Berguna Untuk buah hati anda sekalian yang akan melakukan khitan.






Kunjungi selalu Website, blog, twitter, & facebook kami.. Agar anda selalu mendapatkan informasi terbaru / tips* dari kami setiap saat.

NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat