Minggu, 15 Desember 2013

HUKUM MENCUKUR RAMBUT KEPALA ANAK ??

HUKUM MENCUKUR RAMBUT KEPALA ANAK


Diantara hukum yang di syariatkan islam untuk anak yang baru lahir adalah Mencukur Rambut Kepala pada hari ketujuh  dari kelahirannya, & menyedekahkan unag perak pada orang-orang fakir & yang berhak., seberat timbangan rambutnya.

Hal ini mempunyai 2 Hikmah, Pertama,  berupa kesehatan. dengan mencukur rambut anak ,akan mempertebal daya tahan tubuh anak, membuka selaput kulit kepala & mempertajam alat indra.
Kedua, berupa kemaslahatan sosial, dimana bersedekah dengan perak sebanyak berat timbangan rambut anak merupakan salah satu sumber lain bagi jaminan sosial.

Hal ini merupakan suatu cara untuk mengikis kemiskinan & suatu bukti adanya tolong menolong serta saling mengasihi dalam masyarakat.

Didalam Al- Muwaththa', imam Malik meriwayatkan Ja'far bin Muhammad, dari bapaknya ia berkata :
"Fatimah r.a, Telah menimbang rambut kepala Hasan, Husain, Zainab, & Ummu Kultsum. Seberat itulah ia menyedekahkan perak."

 Ibnu Ishaq telah meriwayatkan dari Abdullah bin bakar, dari Muhammda bin Ali bin Al-Husain r.a :
" Rasulullah saw, telah mengadakan Aqiqah seekor kambing untuk Al-Hasan, Beliau bersabda, Hai Fatimah, cukurlah rambut kepalanya & bersedekahlah  dengan perak sesuai berat rambutnya. kemudian Fatimah menimbangnya dan mencapai 1 dirham / Sebagian dirham."


Dalam hadist, "Rasulullah saw, telah melarang untuk menjambul (rambut anak)."

Jambul yang dimaksud dalam larangan ini ada empat macam :
Pertama : Beberapa bagian kepala di cukur tidak merata (tampak bergaris-garis)

Kedua   : Bagian Tengahnya dicukur & bagian tepinya di biarkan.
Ketiga  : Bagian Didepannya dicukur & bagian Belakangnya dibiarkan

Semua ini seperti yang dikatakan Ibnul Qayim, merupakan bukti kecintaan Allah & RasulNya.Beliau telah memerintahkan berbuat adil, sampai pada dirinya sendiri. beliau melarang seseorang mencukur sebagian rambutnya & membiarkan sebagian yang lain.

Hikmah lain , bahwa Rasulullah saw, menginginkan seorang muslim tampil layak dikalangan masyarakat. Sedangkan, mencukur sebagian rambut & membiarkan sebagia lainnya tumbuh  bertentangan dengan kehormatan & kecantikan seorang muslim. selain itu juga menjadi ciri kahs seorang muslim.

Namun sayang sekali, banyak orang tua & pendidik tidak banyak yang mengetahui tentang  hukum ini, yang apabila kita kemukakan hukum ini, mereka merasa aneh & heran , karena mereka belum terbiasa & tidak pernah melihat ada orang yang menerapkan hal tsb.

Oleh karena itu hendaklah para pendidik menerapkan ukum-hukum & anjuran-anjuran ini kepada anak-anak- mereka satu demi satu, sehingga mereka mendapat ridha Allah Swt & dapat melaksanakan islam dengan baik & benar, semoga Allah memenangkan mereka atas musuh-musuhnya.
Dan semoga Allah Mengabulkannya.. Amiin..




NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat