Senin, 23 Desember 2013

Ibu Madrasah Pertama & Utama Bagi Buah Hati







Al-Ummu madrasah Al-ula (Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya) ungkapan hikmah yang menarik dari para ulama ini mungkin sering Anda dengar, bagaimana tidak? Sejak dalam kandungan, Ibu memang sudah berperan penting dalam mendidik buah hatinya.

Di saat sang ibu marah, anak ada dalam kandungan pun akan merespon marah tersebut dan berdampak tidak baik bagi perkembangan otak anak. 

Demikian juga disaat sang Ibu membaca Al-quran, maka anak dalam kandungan pun meresponnya dengan baik dan membentuk sifat yang baik pula.

Bukan hanya ‘sekolah pertama’, sejatinya seorang ibu adalah pendidik utama bagi buah hatinya. Jika ada seseorang menjadi ulama, ilmuwan, tokoh ternama, atau orang besar yang berpengaruh baik terhadap perubahan dunia maka lihatlah ibu mereka, begitupun sebaliknya.

Ibu berperan besar dalam pembentukan watak, karakter dan kepribadian anak-anaknya. Ia adalah sekolah pertama dan utama sebelum si kecil mengenyam pendidikan di sekolah manapun. 

Namun tidak sedikit ibu yang beranggapan, ketika si buah hati sudah masuk sekolah maka sekolahlah yang bertanggung jawab atas pendidikan si buah hati. Padahal peran ibu tidak pernah bisa tergantikan oleh siapapun. 

Ibu memiliki peran lebih dari sekolah yakni membangun kecerdasan emosional anak bahkan membangun kecerdasan spiritual anak.

Ibu adalah ‘gudang ilmu’, ‘pusat peradaban’ dan ‘wadah’ yang menghimpun sifat-sifat akhlak mulia. Peran yang sangat penting ini, menuntut seorang ibu untuk membekali dirinya dengan ilmu yang memadai. 

Maka seorang ibu harus terus bergerak meningkatkan kualitas dirinya. Karena, untuk mencetak generasi yang berkualitas, diperlukan pendidik yang berkualitas pula. 

Hal itu berarti seorang ibu tidak boleh berhenti belajar.
Jika ibu menjadi lembaga pendidikan (madrasah) pertama dan yang utama dalam kehidupan anak. 

Maka lembaga itu perlu dipersiapkan dengan baik. Karena, Insyaallah hanya dari sekolah semacam inilah akan lahir anak-anak yang shalih, cerdas, alim, berakhlak mulia, memiliki semangat jihad yang tinggi dan seluruh sifat-sifat agung sebagai mukmin bertakwa. 

Demikian berat tugas dan tanggung jawab seorang ibu, maka tidak heran Allah dan Rosul memberi perhatian lebih untuk memuliakan sosok ibu.


NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat