Rabu, 18 Desember 2013

Liburan Edukatif Untuk Anak Di Rumah



Liburan Edukatif Untuk Anak Di Rumah


 
Manfaatkan liburan untuk melatih kreativitas dan kemandirian anak. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi liburan sekolah?

Mendekorasi Kamar Tidur Anak
Ajak anak untuk menata kembali kamar tidurnya. Kamu bisa membantu dengan memberikan beberapa gambar desain kamar tidur anak sebagai ide kreatifnya. Biarkan anak memilih tema dan warna kamar tidurnya. Dengan mendekorasi kamar tidurnya sendiri, anak belajar untuk mengasah kreativitas dan tentu saja anak akan lebih semangat untuk merapikan kamar tidur. Selain itu, tambahkan juga meja belajar baru untuk menghiasi kamar tidur anak, agar si kecil semangat belajar.


Menata Ulang Lemari Pakaian Anak
Kesal melihat lemari pakaian anak yang selalu berantakan? Nah, saat liburan sekolah di rumah ajak anak untuk merapikan lemari pakaiannya. Dengan anak belajar menata lemari, menyusun pakaian sesuai dengan fungsi dan kebutuhan maka anak akan terlatih kemampuan anak untuk mengorganisir. Selain itu anak juga memahami bahwa dirinya bertanggung jawab terhadap isi lemari pakaian anak. Sehingga anak tidak asal sembarangan saat mengambil pakaian dan membuat lemari berantakan karena anak tahu betapa sulitnya menata lemari pakaian.


Mengenalkan Permainan Tradisional
Kalau selama ini anak tidak memiliki waktu untuk bermain sepuasnya, saat liburan sekolah ibu bisa memanfaatkan dengan memberikan kelonggaran anak bermain. Kamu bisa mengenalkan permainan tradisional yang mungkin saja selama ini tidak pernah dilakukan oleh anak. Padahal, banyak permainan tradisional yang bisa mengasah kecerdasan anak. Nah, kamu bisa mengajak anak bermain congklak, yoyo, layang-layang hingga kelereng.


Daur Ulang Kaleng Bekas
Untuk melatih kecerdasaan anak, kamu bisa mengajak anak untuk memanfaatkan benda di rumah untuk dibuat sesuatu yang bermanfaat. Misal, dari kardus bekas, kamu bisa menantang anak untuk membuat rak sepatu sendiri. Atau dari kaleng bekas susu, anak bisa membuat wadah untuk menyimpan perlengkapan menulisnya. Agar lebih menarik, kamu bisa memberikan reward berupa bintang. Jika anak berhasil mengumpulkan bintang sebanyak 5 buah selama liburan, kamu bisa membelikan tas sekolah atau sepatu baru untuk anak. Asyik lho Bu!


Berkebun
Siapa bilang berkebun harus memiliki halaman yang luas? Ibu, bisa kok memanfaatkan teras rumah untuk mengajak anak berkebun. Kegiatan berkebun bisa dilakukan selama liburan sekolah untuk mengajarkan tentang konsep kesabaran dan ketekunan. Pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat, bisa memberikan bibit tomat untuk ditanam di pot. Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah ketika anak berhasil memetik buah tomat pertama hasil dari berkebun.






NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat