Selasa, 03 Desember 2013

Bagaimana Pola Makan Berimbang Bagi si Kecil ?




Bagaimana Pola Makan Berimbang Bagi si Kecil ? 

Sarapan
Kebiasaan sarapan akan membuat si Kecil memperoleh asupan energi dan nutrisi untuk bekal memulai aktivitas hariannya. Pilih menu sehat yang ringan dan mudah dicerna ya, Bu. Sereal gandum, bubur ayam, atau roti bisa menjadi pilihan. Segelas susu sebagai penutup akan membuat asupan energinya makin sempurna.


Makan Siang
Nah, untuk makan siang, biasakan memberinya makanan bernutrisi lengkap yang kaya kandungan karbohidrat. Tak hanya nasi, Ibu bisa mencoba variasi sumber karbohidrat seperti mie, pasta, atau roti.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, jangan lupa beri si Kecil dengan daging, ayam, telur, atau sumber protein nabati seperti kacang-kacangan. Begitu pula dengan sayuran, sajikan variasi menu atau bentuk yang menarik bagi si Kecil. Akhiri makan siang dengan sepotong kecil buah, segelas air atau jus buah segar.


Makan Malam
Biasanya, porsi makan malam si Kecil agak lebih sedikit dibanding saat makan siang karena perutnya sudah lumayan terisi dengan makanan dan snack sepanjang hari. Belum lagi, mood si Kecil biasanya mulai meredup karena mulai lelah setelah beraktivitas seharian.

Untuk kombinasi menu, tetap upayakan mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan air. Tak ada salahnya kok bila menu makan malam dibuat sama dengan menu makan siangnya. Hanya porsinya saja yang mungkin bisa sedikit Ibu kurangi.


Kombinasi Menu Makanan
Terkadang anak tertentu enggan makan sayur atau daging di malam hari. Nah, coba siasati dengan memberinya menu sayur dan daging saat makan siang. Sedangkan saat makan malam, Ibu bisa berikan menu ringan bergizi, seperti sandwich keju, telur dadar, dan sejenisnya. Biasakan juga minum susu sebelum tidur agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.


Camilan Sehat
Perut balita Ibu masih kecil, mungkin ukurannya hanya seperlima perut Ibu. Jadi, porsi makan untuknya memang harus dibuat kecil, namun tetap kaya nutrisi dan energi. Frekuensi makan juga harus diperhatikan agar kebutuhan energinya selalu terpenuhi. Camilan sehat akan turut berperan penting membuat ia tetap ceria dan bersemangat.
Sebaiknya, jangan terbiasa memberikan camilan instan yang kurang sehat.

Coba berikan camilan alami bergizi, misalnya:
·         Potongan buah 
·         Aneka camilan tradisional dari tepung beras 
·         Buah kering segar, seperti kismis, keripik apel, atau pisang 
·         Sayuran rebus, seperti wortel ukuran jari atau kuntum brokoli kecil 
·         Roti panggang  
·         Biskuit tawar 
·         Roti sandwich mini 
·         Potongan kecil keju 
·         Puding 
·         Aneka pasta porsi kecil

·         

         Biasakan Balita Minum Susu
Susu dapat melengkapi kebutuhan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan balita Ibu. Untuk itu, biasakan minum minimal setengah gelas susu di pagi dan sore/malam hari. Balita membutuhkan sekitar 2 – 2,5 (500 – 600 ml) gelas susu setiap harinya, dan tentunya air putih.

Selain jumlahnya, Ibu juga harus memperhatikan kandungan gizi pada susu yang diberikan pada balita. Sebelum si Kecil berusia dua tahun, jangan berikan ia susu rendah lemak karena kandungan energi dan vitaminnya tidak mencukupi kebutuhan gizinya. Sebaiknya, berikan susu khusus balita yang seringkali telah dilengkapi dengan zat besi dan vitamin penting bagi pertumbuhannya.





NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat