Senin, 16 Desember 2013

Pasangan Enggan Bicara Soal Uang , Kenapa ???

Pasangan Enggan Bicara Soal Uang ,
Kenapa ???

Apa Pasangan Anda Kurang Terbuka Soal Keuangan ??
Anda Perlu Cemaskan itu,, Mengapa ??


Hal ini perlu diketahiu , terutama untuk memahami kenapa  banyak suami enggan bicara soal keuangan. Laki-laki umumnya memilki rasa ego yang tinggi, Sehingga cenderung dominan pada keluarga

Bicara manajemen keuangan menjadi topik yang sensitif karena bisa "mengancam" posisi suami. bagaimana tidak ? jika keuangan sudah dikelolah dengan baik, tentu tak ada alokasi sesuai keinginan hati "Saya yang mencari uang , masak saya tidak bisa  menentukan alokasi uang tsb." demikian kekhawatiran para lelaki.

Berbeda dengan perempuan, umumnya jati diri sebagi perempuan sudah lebur dalam identitas sebagai seorang istri&Ibu. Karena itu, banyak perempuan yang telah menikah cenderung mengenyampingkan kepentinga pribadi. ka;au kepentinga anak & suami sudah terpenuhi baru ia berfikir untuk mengalokasikan uang untuk kepentingannya.

Tentu jtidak semua pasangan seperti ini, namun jarang kiata temui laki-laki yang dengan sukarela memberikan penghasilan bulanannya, termasuk bonus & insentif, pada istri kecuali memang ia tipe "Family Man".

Sebaliknya , jarang kita temui wanita yang setelah menikah malah mendahulukan alokasi keuangan dari penghasilan suaminya untuk pergi kesalon, belanja, / Mengabaikan kebutuhan keluarga.

Harus diwaspadai,

Nah, Jika anda sudah menikah dan ia enggan berbicara soal keuangan, coba amati lebih dalam penyebabnya. apakah masalah teknis atau biologis ? Masalah teknis, bisa jadi karena kurangnya pengetahuan mengelolah uang, baik pada istri maupun suami. hal ini dapat diatasi dengan peran aktif salah satu pihak untuk memfasilitasi pasanganagar terlibat sedikit demi sedikit.

Namun, akan menjadi sedikit lebih rumit jika masalahnya bersifat filosofis, apabila ia tidak mau diatur dalam manajemen keuangan karena ia merasa mencacri uang, apalagi jika ia terbiasa melakukan sesuatu tanpa ada pembicaraan terlebih dahulu dengan istri, baik baik dalam hal positif, ataupun sebaliknya. artinya secara mendasar tidak ada rasa percaya dalam keluarga. solusi dalam hal ini tentu tidak mudah.

Jika membicarakan soal uang. tak sekedar "bicara" namun juga menyelaraskan pandangan tentang posisi masing-masing & keluarga. seperti apa yang ingin dibangun. tetapi, jika pasangan ada "Kepentinga pribadi" yang mengancam maka hal ini menjadi pembicaraan yang rumit dilakukan.

Perlu diperhatikan,

 Uang bukan segalanya, tapi banyak orang membutuhkannya, keluarga yang tak memilki cukup uang, rawan mengalami goncangan sebaliknya, dengan keluarga yang memiliki cukup uang, jika tak hati-hati maka mudah tergelincir ke hal yang negatif.

Coba kita lihat peristiwa di sekitar kita, ada keluarga yang tak mampu membyara sekolah 100rb perbulan, sedangkan untuk jajan, makan, rokok bisa lebih dari 50rb per hari. hal ini tak akan terjadi jika ada pengaturan keuangan yang baik & benar.

Memang tak mudah untuk pelaksanaan hal itu, butuh ilmu & Mensyaratkan pula kesepakatan pada pasngan untuk konsisten dan disiplin dalam prosesnya. Nah, sekali lagi dalam hal ini yang paling dibutuhkan adalah komunikasi yang baik dan lancar antara pasangan keluarga. tanpa ada komunikasi dalam perencanaan keuangan keluarga maka, implementasi akan sulit dilakukan,
Jadi tunggu apa lagi.? ayo perbaiki komunikasi keuangan dengan pasangan sekarang juga.!






NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat