Minggu, 29 Desember 2013

Pendidikan karakter Anak dimulai Dari Keluarga



Pendidikan karakter Anak dimulai Dari Keluarga


Keluarga adalah tempat pertama dan utama di mana seorang anak dididik dan dibesarkan. Keluarga adalah unit yang penting sekali dalam masyarakat, artinya kalau institusi keluarga sebagai fondasi lemah, maka bangunan masyarakat juga akan lemah.

Segala perilaku orang tua dan pola asuh yang diterapkan di dalam keluarga pasti berpengaruh dalam pembentukan kepribadian atau karakter seorang anak. Perilaku ini menyangkut bagaimana kasih sayang, sentuhan, kelekatan emosi orang tua terutama ibu, serta penanaman nilai-nilai dapat mempengaruhi kepribadian anak. Kesuksesan orang tua membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak.

Beberapa kebutuhan fundamental yang harus dipenuhi seorang anak agar dapat berkepribadian baik, dan ini semua sangat tergantung pada peran perempuan sebagai ibu. Pertama adalah Kebutuhan akan "kelekatan psikologis". Salah satu kebutuhan terpenting anak yang harus dipenuhi sejak lahir adalah kelekatan psikologis yang erat dengan ibunya. Kelekatan psikologis ini penting agar anak dapat membentuk kepercayaan kepada orang lain, merasa diri diperhatikan, dan menumbuhkan rasa aman.

Kedua adalah Kebutuhan rasa aman, dimana anak memerlukan lingkungan yang stabil dan aman. Lingkungan yang tidak menyenangkan akan mempengaruhi kepribadian anak. Sebaliknya lingkungan pengasuhan yang menyenangkan akan meningkatkan aktifitas sistem organ-organ yang sedang berkembang, dan selanjutnya daya serap gizi akan lebih baik, sehingga proses tumbuh kembang bisa menjadi optimal.

Ketiga adalah Kebutuhan akan stimulasi fisik dan mental. Dapat diukur dari seringnya ibu melihat mata anaknya, mengelus, menggendong, dan berbicara kepada anaknya di usia di bawah 6 bulan, akan mempengaruhi sikap bayinya menjadi anak yang gembira, antusias mengeksplor lingkungannya, dan menjadikannya anak yang kreatif.



NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat