Sabtu, 14 Desember 2013

PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA, gimana caranya ??

 PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA


 
Dalam islam, pendidikan seks bagi anak yang mendasar adalah perbaikan-perbaikan sikap bagi orang tua dalam melakukan hubungan seks, dengan kata lain islam menganjurkan bagi orang tua untuk selalu memperhatikan sekitarnya ketika hendak melakukan hubungan badanPerlunya pendidikan seks secara Islami dimaksudkan agar anak dapat mengerti tentang seks yang benar dan sesuai dengan landasan atau dasar agama. Tanpa ada landasan agama yang kuat, generasi anak bangsa ini akan  hancur terjerumus ke dalam lembah kehinaan. Islam sangat memperhatikan penyaluran hasrat seksual sesuai aturan dan etika yang benar. Karena itu, Islam melalui syari’atnya mengajarkan pernikahan sebagai pintu yang menyucikan hubungan seksual. Islam juga mengingatkan para remaja agar menjauhi khalwat (berduaan dengan wanita atau laki-laki bukan muhrimnya).
 
Pendidikan Seks (Sex Education) adalah, Konsep pendidikan yang berkaitan dengan seksualitas secara Jelas & Benar, berkaitan dengan jenis kelamin hingga pergaulan terhadap lawan jenis.
Sex Education, Seharusnya sudah dikenalkan pada saat kanak-kanak, seperti mengenalkan perbedaan antara laki-laki & perempuan, dengan pertanyaan mengapa bapak berkumis, sedangkan ibu tidak. Sebenarnya pertanyaan semacam ini sering ditanyakan oleh anak tapi, orang tua sering tak menghiraukan..

Karena itu, disamping Sex Education disampaikan pada anak & remaja, hendaknya orangtua memahami gaya kehidupan mereka saat ini, agar lebih mudah menyampaikan sesuai keadaan sesungguhnya.
Ada beberapa cara untuk menyapaikan Sex Education kepada anak & remaja :

*Ajak anak berdialog dengan teman-temannya & kasus-kasus yg terjadi kini melanda dunia mereka, khususnya remaja.
Sampaikan dalam suasana santai usahakan berdua saja dengannya.

*Tunjukan bahwa anda terbuka untuk berdiskusi apa pun dengannya. ini memunculkan keinginan untuk selalu bertanya pertama kali kepada anda ketika ia memperoleh informasi baru tentang apa saja.

*Setiap akhir diskusi ucapkan kata-kata pujian & katakan bahwa anda bangga dengannya, lakukan diskusi ini pada setiap ada kesempatan bersamanya. Insya Allah, buah hati anda akan selalu merasa anda siap untuk diajak berdiskusi tentang dunia mereka.

Pola pendidikan seksual dalam Islam yang praktis di berikan oleh orang tua kepada anaknya tidaklah melalui metode pembahasan lisan yang menghilangkan rasa malu manusia. Metode pendidikan kenabian yang sejalan dengan fitrah manusia yang malu membicarakan hal-hal yang seronok, karena berdampak menggusur secara bertahap kepekaan terhadap nilai-nilai akhlak yang luhur.

Ini berbeda dengan metode barat yang penuh dengan muatan seronok dalam pendidikan seksual. Karena rangsangan seksual itu tidak memerlukan pembicaraan, Namun timbul karena terlihatnya bagian-bagian yang merangsang dari lawan jenisnya. Karena itulah Islam melakukan pencegahan sedini mungkin agar rangsangan yang bersifat naluriah itu tidak mengakibatkan bahaya bagi anak-anak.
Cara-cara pengajaran pendidikan seksual Islam yang diajarkan Rasulullah SAW antara lain adalah pemisahan tempat tidur.

Rasulullah SAW.bersabda: “Suruhlah anak-anakmu shalat ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka (tanpa menyakitkan jika tidak mau shalat) ketika mereka berumur sepuluh tahun; dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Dawud)

Pada umur tertentu anak-anak telah mempunyai kesanggupan untuk menyadari perbedaan kelamin. Hal ini umumnya dicapai oleh anak-anak yang telah berumur 10 tahun. Umur inilah yang disebut sinnut tamyiz.
Perintah Rasulullah SAW untuk melakukan pemisahan tempat tidur ini secara praktis membangkitkan kesadaran pada anak-anak tentang status perbedaan kelamin. Cara semacam ini di samping memelihara nilai akhlaq sekaligus mendidik anak mengetahui batas pergaulan antara laki-laki dan perempuan.

Dengan pemisahan tempat tidur, mereka dapat menyadari perbedaan jenis kelamin dan batasan-batasan dengan lawan jenis serta mampu menerapkannya dalam pergaulan. Sehingga dapat mencegah pula hal-hal yang tidak diinginkan dalam pergaulan dengan lawan jenis.

Dengan demikian baik anak- laki-laki maupun perempuan, akan terjaga akhlaq dan agamanya sampai masing-masing memasuki jenjang keluarga dengan bersih dan selamat.
Begitulah pendidikan seks untuk anak-anak dalam Islam yang di ajarkan secara praktis dan alami sejak usia dini.






NIKMAT AQIQAH - Jasa Aqiqah Ternikmat di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Jabodetabek Kantor : 031.5666.466 / HOTLINE : 031.7251.1000 Mobile : 0813.3052.6902 BB : 28F1.93B1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Shalat